cover
Contact Name
Jatmiko
Contact Email
jatmiko@unpkediri.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jme.nusantara@unpkediri.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota kediri,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika
ISSN : 24599735     EISSN : 25809210     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
The aim of this journal is to publish high quality research in mathematics education including teaching and learning, instruction, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, educational developments, from many kinds of research such as survey, research and development, experimental research, classroom action research, etc.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 1 (2015)" : 8 Documents clear
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA DITINJAU MENURUT GENDER SISWA SD NEGERI TAROKAN KEDIRI Yuni Katminingsih; suryo widodo
Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika Vol 1 No 1 (2015)
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (370.499 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan ingin mengetahui: (1) bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diajar menggunakan model PBM lebih baik daripada model pembelajaran konvensional; (2) perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa ditinjau menurut gender; (3) Apakah ada interaksi antara model pembelajaran berdasarkan masalah dengan gender terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Berdasarkan eksperimen diperoleh hasil bahwa (1) kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran PBM lebih baik daripada model pembelajaran konvensional, (2) kemampuan berpikir kreatif matematis siswa laki-laki lebih baik daripada kemampuan berpikir kreatif matematis siswa perempuan; (3) ada interaksi antara model PBM v.s. pembelajaran konvensional dengan gender terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Kata Kunci: Pembelajaran berdasarkan masalah, berpikir kreatif matematis, gender.
APLIKASI METODE BEDA HINGGA SKEMA EKSPLISIT PADA PERSAMAAN KONDUKSI PANAS Bambang Agus Sulistyono
Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika Vol 1 No 1 (2015)
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (242.156 KB)

Abstract

Paper ini mengkaji bentuk numerik dari persamaan konduksi panas yang model matematikanya berbentuk persamaan diferensial parsial tipe parabolik dengan menggunakan metode beda hingga skema eksplisit. Dikaji pula stabilitas skema tersebut dengan cara mengambil beberapa nilai . Dari kajian ini diperoleh bahwa skema eksplisit akan memberikan hasil yang baik (stabil) bila  cukup kecil atau kondisi hitungan akan stabil bila nilai  . Kata kunci: pdp parabolik, metode beda hingga, skema eksplisit, stabilitas
EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 8 KEDIRI Dian Devita Yohanie Yohanie
Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika Vol 1 No 1 (2015)
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (178.016 KB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi dari kenyataan bahwa pembelajaran matematika yang terpusat pada guru menyebabkan siswa menjadi pasif, sehingga hasil belajar matematika menjadi rendah. Masalah tersebut disebabkan karena motivasi belajar matematika siswa yang masih kurang, sehingga penerapan model pembelajaran mind mapping dengan pendekatan saintifik menyebabkan hasil belajar matematika yang tinggi. Sehingga tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui  (1) Apakah hasil belajar matematika siswa yang mendapatkan model pembelajaran mind mapping dengan pendekatan saintifik lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran langsung? (2) Apakah hasil belajar matematika siswa yang memiliki motivasi belajar yang tinggi lebih baik daripada siswa yang memiliki motivasi sedang dan rendah (3) Apakah ada interaksi antara model pembelajaran mind mapping dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa? Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes dan angket, uji hipotesis uji analisis varian dua jalan. Berdasarkan dari analisis data, diperoleh bahwa hasil belajar dengan model pembelajaran mind mapping dengan pendekatan saintifik lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran langsung. Hasil belajar siswa dengan motivasi belajar yang tinggi lebih baik dari pada siswa yang memiliki motivasi sedang dan rendah. Kata Kunci: Model Pembelajaran Mind Mapping, Hasil Belajar, Motivasi belajar siswa.
THE EXISTENCE OF STUDENTS IN TRANS EXTENDED COGNITIVE DEVELOPMENT ON LEARNING OF GRAPH THEORY*) wahyu widada
Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika Vol 1 No 1 (2015)
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (367.133 KB)

Abstract

The results of previour research Wahyu (2001-2009), found the reinforce and complement the theory of Cognitive Development (Scheme) student (Extended Level Triad++) in the learning of mathematics. The purposes of the study are: 1) to generate a new theory about the Extended Level Triad++ ie levels of development schemes student to Graph Theory finer (from five levels to seven levels); 2) to determine the characteristics of the new levels of the triad (the Triad Level Extended++). In the qualitative research, data were collected from a task-based interview, then performed the data reduction, and presentation of data, as well as the next steps as set out in the flowchart prosesur collection and analysis of data, the data analysis will apply genetic decomposition analysis. Then to get a characterization of each level of the development carried out by the method-comparison analysis-fixed, by applying the theory of Glaser & Strauss, a theorizing process through four stages. The results of this study obtained in the form of advanced theory Extended Level Triad++. The theory is then summarized in a network schema development consisting of seven levels, ie the level of pre-intra, intra, semi-inter-level, international level, the level of semi-trans, trans level, and the level of extended- trans. Keywords: Extended Trans, Development Scheme, Triad Level
MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR MATEMATIS SISWA PADA MATERI ARITMETIKA SOSIALMELALUI PENDEKATAN REALISTIK BERBANTUAN BROSUR PROMOSI RUMAH Nurita Primasatya
Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika Vol 1 No 1 (2015)
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Data pra-penelitian, menunjukkan bahwa siswa SMP Negeri 13 Malang, memiliki kemampuan yang rendah dalam berpikir matematis. Rendahnya kemampuan berpikir matematis dikarenakan perlakuan guru yang kurang memberikan pembelajaran yang merangsang siswa untuk berpikir matematis. Sebagai upaya mengatasinya, digunakan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan realistik berbantuan brosur promosi rumah. Melalui brosur promosi rumah, siswa mampu mengidentifikasi masalah, mendaftar pilihan, membedakan pilihan, menganalisis, membuat pilihan, memberikan alasan, serta membuat kesimpulan, sehingga kemampuan berpikir matematis siswa dapat meningkat. Dari hasil refleksi siklus 1, diketahui bahwa siswa masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dan memiliki kemampuan yang rendah dalam berpikir matematis. Dari hasil tes, hanya 33% siswa yang memiliki kemampuan berpikir matematis dengan kategori baik. Dari hasil refleksi siklus 1, disimpulkan bahwa pembelajaran dilanjutkan di siklus 2. Pada siklus 2, terjadi peningkatan kemampuan berpikir matematis menjadi 80% siswa yang memiliki kemampuan berpikir matematis dengan kategori baik. Kata Kunci : Aritmetika Sosial, Pendekatan Realistik, Brosur Promosi Rumah
HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN PARTISIPASI GURU MATEMATIKA DALAM FORUM ILMIAH*) DEWI HERAWATY
Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika Vol 1 No 1 (2015)
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (166.99 KB)

Abstract

The purpose of writing this article is to clarify whether there is a relationship between emotional intelligence and participation in scientific forums. This article is part of my dissertation research. The sample was 100 of 680 mathematics teachers in junior high school as a math teacher Bengkulu province. 100 teachers of mathematics as a sample selected by simple random sampling. The data was collected through a Likert scale questionnaire technique. The study was conducted by surveying methods and techniques of path analysis to test the hypothesis. The result is a high positive relationship between emotional intelligence and teacher participation in scientific forums. Keywords: Emotional Intelligence, Employee Participation *) Disajikan dalam seminar internasional di FKIP Unib 17 Januari 2015
REPRESENTASI SISWA SMA DALAM MEMECAHKAN MASALAH NILAI OPTIMUM BERDASARKAN GAYA KOGNITIF FILD INDEPENDENT DAN FIELD DEPENDENT Ika Santia
Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika Vol 1 No 1 (2015)
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (238.652 KB)

Abstract

Rendahnya kemampuan siswa  memecahkan masalah nilai optimum adalah kurangnya ragam representasi yang dimiliki siswa. Kemampuan representasi menjadi penting dalam suatu pembelajaran matematika. Perbedaan  kemampuan representasi siswa dalam memecahkan masalah dimungkinkan adanya perbedaan gaya kognitif siswa. Untuk itu dilakukan suatu penelitian kualitatif yang  bertujuan mendeskripsikan:  (1)  representasi siswa  SMA  dengan gaya  kognitif Field Dependent dalam  memecahkan masalah nilai optimum (2) representasi siswa  SMA  dengan gaya  kognitif Field Independent dalam  memecahkan masalah nilai optimum. Pengumpulan data dilakukan dengan  pemberian tugas TPM dan wawancara. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan  adalah triangulasi. Subjek penelitian adalah siswa SMA kelas XI sebanyak 2 orang. Hasil  penelitian  ini  menunjukkan  bahwa  subjek dengan gaya  kognitif Field Dependent merepresentasikan idenya untuk memecahkan masalah nilai optimum adalah dengan cara: memahami informasi dan apa yang ditanyakan dengan membuat gambar, membuat rencana penyelesaian dengan membuat persamaan matematika, memanipulasi persamaan tersebut dan mengecek kembali hasil akhir yang didapatkan dengan mensubstitusi kembali jawaban akhir ke persamaan awal. Sedangkan subjek dengan gaya kognitif Field Independent merepresentasikan idenya untuk memecahkan masalah dengan cara: memahami informasi dan apa yang ditanyakan dengan menuliskan persamaan matematika menggunakan simbol formal, membuat rencana penyelesaian dengan membuat persamaan matematika, memanipulasi persamaan tersebut dan menggunakan cara coba-coba serta tidak melakukan pengecekan kembali hasil akhir yang diperoleh. Kata Kunci: Representasi, Pemecahan Masalah nilai optimum, Gaya Kognitif
PROFIL METAKOGNISI SISWA SMP DALAM MEMECAHKAN MASALAH OPEN-ENDED DITINJAU DARI TINGKAT KEMAMPUAN SISWA Muhammad Sudia
Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika Vol 1 No 1 (2015)
Publisher : Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Nusantara PGRI Kediri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (155.145 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengungkapkan profil metakognisi siswa SMP  dalam memecahkan masalah  open-ended ditinjau dari tingkat kemampuan siswa. Penelitian ini dilakukan di kelas VII SMPN 5 Kendari  dengan subjek masing-masing satu siswa dengan tingkat kemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, penafsiran data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam memecahkan masalah open-ended, subjek yang memiliki tingkat kemampuan matematika tinggi, melibatkan metakognisinya melalui aktivitas perencanaan, monitoring dan evaluasi pada setiap pentahapan Polya, subjek yang memiliki tingkat kemampuan matematika sedang, melibatkan metakognisinya hanya melalui aktivitas perencanaan dan evaluasi pada setiap pentahapan Polya dan subjek yang memiliki tingkat kemampuan matematika rendah, melibatkan metakognisinya hanya melalui aktivitas perencanaan pada setiap pentahapan Polya. Kata Kunci: Profil metakognisi, masalah open-ended dan tingkat kemampuan siswa.

Page 1 of 1 | Total Record : 8